Tanggul Kali Laya, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok, jebol. Puluhan rumah warga di Perumahan Bukit Cengkeh 2, terendam air, kejadian ini terjadi sekitar pukul 01.00 WIB Selasa (13/11/2012).  Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang mengagetkan warga itu.

Image

Namun, harta benda, seperti motor, mobil, peralatan elektronik, dan perabotan, rusak karena terendam air. Krisna (53), warga RT 06 RW 16, mengatakan, tanda-tanda tanggul hendak jebol sudah terlihat sekitar pukul 23.00.

“Sekitar pukul 01.00 tiba-tiba terdengar gemuruh dan air langsung menggenang,” kata Krisna yang rumahnya tepat di samping tanggul yang jebol.

Air langsung mengalir deras ke jalan lingkungan Blok A di perumahan, mengalir ke Kali Jantung yang terletak di dalam kompleks perumahan.

Menurut Ketua RW 16 Arifin, puluhan rumah terendam. “Ada yang terendam hingga seleher. Beruntung warga sempat menyelamatkan diri semua, tidak ada korban jiwa,” katanya. Satgas Banjir dari Dinas Bina Marga dan sumber Daya Air Depok berusaha menutup tanggul yang jebol.

Tanggul jebol sekitar tujuh meter, membuat aliran air langsung seluruhnya tumpah ke permukiman warga. Tak ada lagi air mengalir di Kali Laya selepas tanggul jebol.

Para anggota satgas kesulitan menutup tanggul karena derasnya air yang mengalir di jalan membuat petugas sulit mengangkut material.